Saya akan membahas error prevention pada website bursatanahabang.com, menurut saya pada web ini error prevention sangat kurang. Dimana terdapat kesalahan yang tidak sesuai pada aturan suatu input data.
1. Ketika mencoba memesan produk, kita harus mengisi sebuah form terlebih dahulu. Terdapat form telepon dan iseng saya mengisi dengan inputan huruf. Setelah di klik OK, ternyata inputan tersebut tidak menimbulkan suatu pesan error, dan langsung muncul kode barang yang telah dipesan oleh user.
Gambar 1. Menginput form telepon dengan inputan huruf
Gambar 2. Setelah mengklik tombol OK
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
2. Ketika melakukan konfirmasi pembayaran pada form no rekening, biasanya no rekening hanya memiliki inputan angka. Ketika saya menginputkan sebuah huruf ternyata tidak ada suatu peringatan tentang kesalahan penginputan.
Gambar 3. Ketika dimasukkan inputan huruf.
Rekomendasi : Seharusnya pada suatu website harus disertakan suatu eror pada saat user melakukan suatu kesalahan.
Severity Range : 1
Mungkin waktu submit baru ada warningnya, sel.
BalasHapusPada gambar 1 menurut saya tombol "Tekan OK" bisa diubah menjadi "OK" saja.
BalasHapusketika sudah melakukan submit dan tidak ada pemberitahuan apapun berarti web tersebut memiliki error yang seharusnya belum boleh di launching. sehingga jika saja ada orang yang mengisikan seperti di atas, admin web tersebut pastinya akan kewalahan, dan juga bagi konsumen yang akan melakukan order barang dan melakukan kesalahan pada saat peng-inputan itu jadi hal yang sangan serius tuh shel.
BalasHapusMenurut saya, Dalam hal ini skala rating untuk severity of usage problem yang diberikan seharusnya skala 3, dimana kesalahan yang terjadi merupakan masalah usability mayor dan memiliki prioritas yang tinggi untuk diperbaiki. Kesalahan yang terjadi dapat berakibat serius bagi user.
BalasHapusseverity rating dari problem ini seharusnya adalah 2 karena masalah tersebute tidak penting dalam hal prioritas perbaikan karena masih ada masalah lain yang harus diperbaiki
BalasHapusapakah kedua masalah tersebut mempunyai nilai severity rating 1
BalasHapusya, saya setuju dengan komentar sebelumnya. menurut saya severity rating dari problem ini 2 karena masalah tersebut tidak terlalu penting dan masih ada masalah lain yang harus diperbaiki
BalasHapussaya setuju dengan komentar sebelumnya yang menyatakan skala rating untuk severity of usage problem yang diberikan seharusnya skala 3. Hal ini karena kesalahan yang ditimbulkan sangat berdampak kepada user maupun pihak admin. Menurut saya masalah ini menjadi prioritas yang tinggi untuk diperbaiki.
BalasHapusSebaiknya untuk severy ratingnya adalah pada tingkat 3, hal ini karena bisa saja ada user yang iseng memasukkan fake identity atau email secara sembarangan tanpa diikuti peringatan dari sistem justru dapat merugikan bagi si pemilik sistem tersebut. terima kasih.
BalasHapuswah fatal banget itu kalo inputan form yang harusnya diisi angka bisa dimasukin dengan huruf
BalasHapussetuju dengan komentar sebelumnya, user bisa saja melakukan input data dummy, sehingga data tidak terjamin benar atau tidak, severity rate seharusnya 3 karena kesalahan sistem memang perlu perbaikan
BalasHapussebenarnya saya masih cukup bingung apakah dalam hal ini dikategorikan ke error prevention atau recover form errors (help users recognize, diagnose, and recover from errors)?
BalasHapus