Rabu, 03 Juni 2015

Visibilty of System Status – bursatanahabang.com

Visibility of System Status merupakan status sistem yang terlihat oleh user, yaitu dengan memberikan feedback terhadap user.

1. Saya akan mencoba menganalisa visibily of System Status pada bursatanahabang.com. Ketika kita hover menu pada header, warna menu berubah menjadi warna merah, hal ini tentu memberikan informasi kepada user. Akan tetapi ketika kita mengklik suatu menu , kemudian kursornya kita jauhkan dari menu, warnanya berubah kembali menjadi warna biru. Hal ini tentu akan menjadikan user bingung akan keberadaannya.

Gambar 1. Menu "Tentang Kami" ketika dihover

Gambar 2. Ketika masuk menu ‘Tanya Kami’ 

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

2. Pada bagian sidebar (katagori produk), terdapat icon arrow yang dapat membuat bingung user, seolah-olah bagian itu akan ter-extend ketika diklik, padahal tidak.

Gambar 3. Menu Sidebar.

Rekomendasi : Untuk memberitahu dimana pengguna berada, maka harus dibedakan warna pada menu ketika sebelum diklik dan setelah diklik.

Saverity Ranking : 5

5 komentar:

  1. Ulasan yang menarik, namun apakah solusi yang anda berikan dapat diimplementasikan dengan baik? maksud saya, jika solusi yang anda lakukan sudah digunakan dalam website tersebut, apakah tidak memberikan masalah baru? terima kasih :)

    BalasHapus
  2. Ulasan untuk visibilty of system statusnya saya setuju, tetapi apakah pemilihan skala dalam saverity ranking yang anda beri sudah tepat untuk kesalahan yang menurut saya 4 adalah saverity ranking yang memiliki ranking kesalahan tertinggi. Dan saran saya agar memperbesar gambar yang anda tampilkan untuk mengulas masalah heuristic evaluation ini sehingga pengunjung yang ingin melihat ulasan anda tidak perlu untuk membuka gambar contoh kasus terlebih dahulu. Terima Kasih.

    BalasHapus
  3. saya kira itu sudah baik, tetapi tergantung usernya siapa,karena user biasanya memperhatika apa yang di cari.

    BalasHapus
  4. saya setuju dengan ulasan anda, tetapi menurut saya saverity ranking yang cocok untuk permasalahan ini adalah 2 #CMIIW

    BalasHapus
  5. analisis yang dilakukan terhadap permasalahan diatas sudah cukup baik, namun pendapat saya seharusnya skala severity rating yang diberikan 2 bukan 5, karena masalah tersebut belum tergolong kasus dengan permasalahan tertinggi

    BalasHapus